Madinah-Makkah, 27 Agustus 2017 - xplorealitas

www.explorealitas.com

Ad Placement

Ad Placement

Madinah-Makkah, 27 Agustus 2017


Madinah - Makkah berjarak sekitar 451 km. Saat ini, untuk menempuh jarak tersebut relatif mudah dan ringan karena bisa menggunakan alat transportasi bis. Waktu tempuhnya hanya sekitar 5 jam.

Pada masa Rasululloh SAW dulu, alat transportasi tercepat adalah unta ataupun kuda. Bisa dibayangkan bagaimana beratnya perjalanan Makkah-Madinah atau Madinah-Makkah dengan jarak yang cukup jauh, kira-kira jarak Jakarta-Semarang.  Bekal perjalanan, kesehatan alat angkut (keledai, unta, kuda) tentu harus diperhitungkan secara cermat.  Belum lagi rute yang harus dihapal, ditambah lagi medan padang pasir yang kadang-kadang datang badai pasir, ditambah lagi gangguan kaum kafir quraisy waktu itu.  Perlu perencanaan dan strategi yang matang.

Saat ini, perjalanan Madinah-Makkah dan sebaliknya sangatlah nyaman.  Bis ber-AC dengan stock konsumsi yang sangat memadai. Namun yang tidak kalah penting yang harus disiapakan terutama di era sekarang adalah bekal non-fisik, yaitu bekal taqwa."fatazawwadu, fa inna khoiro zaadit-taqwa" - berbekallah, maka sesungguhnya bekal yang paling baik adalah takwa, demikian Al Quran mengingatkan.

Allahumma yassirlana umuronaa..
*dalam perjalanan bis Madinah-Makkah

 

0 comments

Subscribe to Our Newsletter