Seminar Kapal di Atas Kapal: Naik Kapal Jakarta - Surabaya - xplorealitas

www.explorealitas.com

Ad Placement

Ad Placement

Seminar Kapal di Atas Kapal: Naik Kapal Jakarta - Surabaya


30 Agustus 2019, sekitar jam 14.30, kami tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Naik ke Kapal, untuk memulai perjalanan menuju Surabaya. 



KM DORO LONDA namanya. Kapal milik PELNI, BUMN perkapalan.  Kapal yang dibuat tahun 2001, dengan Gross Tonnage (GT) sebesar 14.685 GT.  Kecepatan rata-rata nya 16,5 knots atau sekitar 12,02 kilometer per jam (1 knot = 1.85 km/jam).


Perjalanan cukup mendebarkan.  Baru kali ini melakukan perjalanan jauh, sekitar 800 kilometer, menggunakan kapal laut. Penasaran lebih dominan, bagaimana rasanya naik kapal ke Surabaya, bagaimana kamar tidur di kapal, dan pertanyaan-pertanyaan lain.

Masuk ke kapal, masing-masing peserta diarahkan ke suatu ruangan yang cukup besar.  Ruangan mirip cafe.  Disana, peserta diberikan semacam briefing tentang keselamatan di kapal. Penjelasan disampaikan langsung oleh Kapten Kapal.




Waktu tempuh perjalanan cukup lama, sekitar 25 jam.  Tak salah jika disediakan tempat hiburan di atas kapal.



Setelah briefing dari Pak Kapten, peserta diantar ke masing-masing kamar atau kabin.  Inilah suasana kabinnya, kabin kelas 1 :

Lorong kabin kamar


Kamar mandinya juga oke.  Ada di dalam kabin. Mirip kamar mandi hotel dengan skala yang lebih kecil. Gambarannya seperti ini :


Jalan kali ini 
tidak hanya sekedar jalan-jalan, namun jalan dalam rangka menambah ilmu, memenuhi undangan training yang bertajuk "Insufficient Tugs Power and Unseaworthiness" dari salah satu perusahaan reasuransi Indonesia, PT Reasuransi Indonesia Utama (persero) atau dikenal dengan Indonesia Re.

 


Sekilas tentang materi yang disampaikan mengenai Tug Boat dan kekuatan daya tariknya.  Tug Boat adalah kapal yang berfungsi sebagai kapal penarik (towing) atau kapal pendorong (pusher) untuk kapal jenis Barge.  Kapal jenis Barge adalah kapal yang umumnya digunakan untuk mengangkut barang seperti batubara (coal), peti kemas dan kendaraan.  Pembicara seminar menyampaikan bahwa standar kekuatan tarikan Tug Boat adalah 2 x 1.200 tenaga kuda (horse power) dengan kapasitas tarikan beban sampai 30 ton.  Jika kekuatan daya tariknya dibawah standar, namun memaksa beroperasi, maka jika terjadi gelombang yang cukup tinggi - misalnya - Tug Boat maupun Barge nya berisiko kandas.

Selama perjalanan, selain diisi training, diisi juga dengan hiburan, kuiz, game dan bernyanyi diiringi group band.  Waktu sore, kita bisa menikmati sun set.  Saat pagi, kita juga bisa menikmati suasana sun rise, matahari terbit.


Tak ketinggalan, melihat-lihat suasana tempat kapten melakukan navigasi :



Sempat juga berfoto didampingi sang kapten kapal memegang navigasi :


Untuk mengetahui bagaimana mesin kapal bekerja, kami dibawa ke ruang mesin kapal.  Suasanana sangat bising dengan suara mesin sehingga kami diberi penutup telinga.



Moment yang mengesankan dan mengasyikan: belajar kapal, benar-benar di atas kapal.  Akhirnya, alhamdulillah kami tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, hari berikutnya tanggal 31 Agustus 2019 jam 15.30 WIB.




Perjalanan yang seru.  Moment yang mengesankan dan mengasyikan karena belajar mengenai kapal, benar-benar di atas kapal.  Teori sekaligus praktek.

Terima kasih Indonesia Re.  Sebagai ungkapan terima kasih, waktu itu sempat membuat pantun sebagai ungkapan terima kasih :

Ke PT PAL, kita berbekal
Mentari bersinar pagi dan sore
Belajar kapal di atas kapal,
Marine seminar Indonesia Re


Ke Cipaganti membeli kecap
Ke Jatiasih jalan-jalan sore
Dari lubuk hati kami berucap
Terima kasih, Indonesia Re

Jalan sore dengan artis top
Indonesia Re memang bener top

Berdayung sampan berdua kekasih
Cukup sekian dan terima kasih.

0 comments

Subscribe to Our Newsletter