Pergantian Siang dan Malam: Rahmat-NYA agar Bersyukur - xplorealitas

www.explorealitas.com

Ad Placement

Ad Placement

Pergantian Siang dan Malam: Rahmat-NYA agar Bersyukur

Siang dan malam berjalan silih berganti.  Siang berganti malam dan malam berganti siang.  Dalam pergantian siang dan malam hari ini terkandung durasi waktu.  Satu hari, satu minggu, satu bulan, satu tahun dan seterusnya.
 

Makna Satu Tahun


Apa yang dimaksud dengan satu tahun?  Satu tahun adalah durasi waktu suatu planet mengelilingi atau mengitari Matahari yang kita kenal dengan istilah revolusi.  Pada sistem tata surya kita, solar system, Matahari kelilingi oleh delapan planet: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Ilustrasi planet-planet mengelilingi Matahari


Satu Tahun di Bumi


Jarak rata-rata matahari dari bumi 149,6 juta kilometer atau kalau dibulatkan 150 juta kilometer.  Disebut jarak rata-rata karena jaraknya bervariasi seiring pergerakan bumi menjauhi perihelion pada bulan Januari sampai aphelion pada bulan Juli.  Jarak matahari – bumi ini sering disebut 1 AU (Astronomical Unit).

Ilustrasi Bumi mengelilingi Matahari dan jarak Matahari - Bumi

Planet Bumi mengelilingi matahari selama 365 ¼ hari.  Sesuai dengan pengertian satu tahun yang sudah dijelaskan di atas, maka satu tahun di planet bumi adalah 365 ¼ hari atau kalau dibulatkan menjadi 365 hari.  Jadi, yang dimaksud dengan durasi waktu 1 tahun di bumi itu adalah 365 hari.  Berapa lama satu tahun di planet-planet lain?  Untuk mendapatkan “rasa” adanya relatifitas, kita bandingkan durasi waktu satu tahun dari planet-planet yang "dekat" dengan Bumi yaitu Merkurius, Venus dan Mars dan planet-planet yang sangat jauh dari Bumi yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.


Satu Tahun di Merkurius


Durasi planet Merkurius mengelilingi Matahari rata-rata 87,79 hari atau kalau dibulatkan rata-rata 88 hari.  Berarti, satu tahun di planet Merkurius ‘hanya’ 88 hari, lebih pendek dari satu tahun di Bumi.  Hal ini karena jarak rata-rata Matahari dari Merkurius 'hanya' sekitar 50 juta kilometer.

Ilustrasi Merkurius mengelilingi Matahari dan Jarak Matahari-Merkurius.


Satu Tahun di Venus


Jarak rata-rata Matahari - Venus sekitar 105 juta kilometer.  Revolusinya tentu akan lebih lama dari Merkurius, namun lebih pendek dari bumi.  Venus mengililingi matahari selama lebih kurang 225 hari, artinya satu tahun di planet Venus berdurasi 225 hari.

Ilustrasi Venus mengelilingi Matahari dan jarak Matahari-Venus.



Satu Tahun di Mars


Jarak rata-rata Mars dari Matahari sekitar 228 juta kilometer. Hal ini berdampak ke revolusinya yang lebih lama dari 3 planet sebelumnya.  Durasi Mars mengelilingi Matahari ditempuh dalam masa 687 hari, artinya satu tahun di Mars setara dengan 687 hari.  Semakin jauh suatu planet dari matahari, semakin lama durasinya dalam mengelilingi matahari.


Ilustrasi Mars mengelilingi Matahari dan jarak Matahari-Mars


Satu tahun di Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus


Durasi satu tahun di planet Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus tentu akan lebih lama lagi karena jarak planet-planet tersebut sangat jauh dari Matahari.

Satu tahun di Jupiter berdurasi 4.330 hari, seiring jarak nya dari matahari yang mencapai sekitar 800 juta kilomter.  Satu tahun di Saturnus, lebih lama lagi, 10.800 hari karena jarak Saturnus ke Matahari sekitar 1,5 milyar kilometer.  Sedangkan satu tahun di Uranus sekitar 30.800 hari karena jaraknya ke Matahari yang semakin jauh, 3 milyar kilometer.  Satu tahun di Neptunus, lebih lama lagi, sekitar 60.000 hari seiring dengan sangat jauhnya jarak Neptunus ke Matahari yang mencapai 4,6 milyar kilometer.

Dari sini, kita sudah bisa merasakan betapa waktu itu relatif.  Satu tahun di bumi 365 hari, sedangkan satu tahun di planet-planet lain, bisa lebih pendek, bisa lebih panjang. Di Merkurius, satu tahunnya hanya 88 hari, sedangkan di Neptunus, satu tahunnya setara dengan 60 ribu hari.



Makna Satu Hari


Sekarang, kita beralih membahas “satu hari”.  Satu hari adalah durasi satu putaran planet berputar pada dirinya sendiri, kita kenal dengan istilah rotasi.  Sederhananya, seperti gasing, berputar dari titik A ke titik A lagi.  Kalau revolusi planet (planet mengelilingi matahari) dipengaruhi oleh jarak suatu planet terhadap matahari, maka rotasi tidak dipengaruhi oleh jarak planet tersebut dengan Matahari.  Rotasi dipengaruhi oleh kecepatan putar planet itu sendiri.



Satu Hari Merkurius


Waktu rotasi yang diperlukan Merkurius adalah sekitar 1407,5 jam.  Berarti satu hari di Merkurius sekitar 1400 jam.  Hal ini karena Merkurius berputarnya lambat, ‘hanya’ sekitar 10,9 kilometer per jam.  Dengan jarak yang dekat ke Matahari ‘hanya’ 50 juta kilometer, paparan panasnya akan sangat terasa.  Suhunya sangat tinggi bisa mencapai 430ocelcius.  Siang dan malamnya sangat lama, masing-masing sekitar 700 jam.  Bisa kita bayangkan, siang hari sangat lama dengan cuaca yang sangat panas.  Demikian pula sebaliknya, malam hari sangat panjang, 700 jam, dengan suhu yang sangat dingin, -180ocelcius.   Kondisi panas dengan suhu 100ocelcius saja sudah bisa membuat air menjadi mendidih, apalagi dengan suhu 430ocelcius.  Sama halnya dengan kondisi dingin, suhu 0ocelcius bisa menjadikan air membeku, apalagi jika lebih dingin lagi.


Satu Hari Venus


Satu hari di Venus berdurasi 5.832 jam atau jika dibulatkan 5.800 jam.  Hal ini karena putarannya sangat lambat, sekitar 6,5 km/jam.  Bandingkan dengan rotasi bumi yang sekitar 1.600 km/jam.  Suhu tertinggi di Venus mencapai 470ocelcius, lebih panas dari Merkurius, meskipun Venus lebih jauh dari Matahari. Hal ini paling tidak karena dua hal, (1) Venus “dijemur” lebih lama, 2.900 jam rata-rata durasi siang dan malamnya dan (2) kandungan atmosfir Venus didominasi oleh karbondioksida [CO2] yang menimbulkan efek rumah kaca. Adanya efek rumah kaca ini, menyebabkan suhu malam harinya masih tetap panas, masih ratusan derajat celcius.


Satu Hari Bumi, Alhamdulillah


Satu hari di Bumi hanya 24 jam.  Alhamdulillah, puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Tuhan Pencipta & Pemelihara alam semesta.  Apa jadinya jika rotasi bumi diperlambat atau malah dihentikan oleh Sang Maha Pencipta ?  Daerah yang menghadap ke matahari akan dijemur terus menerus dan sebaliknya wilayah yang membelakangi matahari akan terjadi malam terus menerus.  Yang menghadap Matahari akan sangat panas dan yang malam terus menerus akan sangat dingin.  Tentu, tidak akan ada mahluk hidup di Bumi jika kondisinya ekstrim seperti itu.

Bersyukur kita, di Bumi tidak terjadi tidal locking atau gravitational locking atau penguncian gravitasi seperi yang terjadi di Bulan dimana “wajah” Bulan akan selalu pada sisi yang sama menghadap Bumi karena periode rotasi Bulan sama dengan periode revolusinya.

Masalah besar jika tidal locking atau gravitational locking ini terjadi di Bumi.  Hal ini telah diceritakan/ disampaikan Sang Pencipta dalam Al Qur’an Surat Al Qosos (surat ke-28) ayat 71, 72 dan 73 :
  • (QS 28:71) Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu malam itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan sinar terang kepadamu? Maka apakah kamu tidak mendengar?"
  • (QS 28:72) Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku, jika Allah menjadikan untukmu siang itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu yang kamu beristirahat padanya? Maka apakah kamu tidak memperhatikan?"
  • (QS 28:73 ) Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.
Pergantian siang dan malam hari, menunjukkan betapa Maha Berkuasa , Maha Pemurah dan Maha Teliti, Tuhan Semesta Alam.  DIA menyayangi kita sehingga planet Bumi tidak dijadikan seperti Merkurius, Venus, Mars dan planet-planet lain yang lebih jauh.  Jika tidak ada yang menata dan mendesain hal itu, pasti tidak akan ada kehidupan di jagat raya.

Wallahu a’lam bishowab.

 

Referensi:

  • Sumber utama, channel YouTobe Agus Mustofa, Cangkir Tasawuf Modern eps.71 “Dengarkanlah Allah sedang bicara”.
  • id.wikipedia.org/wiki.

 

1 comment

  1. Ada hikmah besar dibalik pergantian siang dan malam.
    Semoga membawa manfaat.

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon

Subscribe to Our Newsletter